Cara Menghilangkan Noda Tinta dari Perabot Kayu

Metode 1

Menggunakan Sabun Piring

Gambar berjudul Remove Ink Stains from Wood Furniture Step 1

1 Buat larutan pembersih menggunakan sabun cuci piring.

Metode ini paling efektif untuk tumpahan tinta segar. Sabun cuci piring berfungsi karena sifatnya yang tahan minyak. Itu mengangkat noda dan mencegahnya masuk ke dalam kayu. Campurkan setengah sendok teh sabun cuci piring cair dengan sepertiga gelas air panas dalam mangkuk kecil. Aduk solusinya untuk membuat busa sabun banyak.

Gambar berjudul Remove Ink Stains from Wood Furniture Step 2

2 Tes selesai.

Sebelum menggunakan pembersih apa pun pada kayu, Anda harus menguji bagaimana lapisan tersebut bereaksi terhadapnya. Tempelkan bola kapas ke busa sabun dan gosokkan pada bagian kecil furnitur. Cobalah untuk menemukan tempat yang tidak terlihat. Jika sabun merusak lapisan, hentikan. Jika tidak merusak lapisan, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3 Kumpulkan busa sabun dengan kain lembut.

Pastikan Anda hanya masuk ke busa, bukan dalam solusi. Kemudian, bersihkan noda tinta dengan kain sabun. Tindak lanjuti dengan kain bersih yang lembab untuk membilasnya, lalu keringkan area tersebut dengan handuk bersih.

Jika noda masih terlihat, Anda dapat menggunakan wol baja prima (nomor 0000) yang dicelupkan ke dalam cairan lilin. Gosok wol baja dengan ringan ke bagian yang ternoda. Wol baja harus menghapus hanya lapisan permukaan yang halus. Sangat penting untuk bersikap lembut agar Anda tidak membuang terlalu banyak kayu. Bersihkan serutan dengan kain bersih.

Metode 2

Menggunakan Baking Soda

1 Buat pasta soda kue.

Soda kue, juga dikenal sebagai natrium bikarbonat, sangat bagus untuk membersihkan karena menjadi abrasif ringan jika dikombinasikan dengan air. Aman untuk digunakan pada kayu karena ringan namun efektif. Untuk membuat pasta, tambahkan soda kue ke setengah cangkir air. Masukkan sedikit demi sedikit sampai campuran mengental menjadi goop.

2 Sebarkan pasta di atas noda tinta.

Gosokkan dengan jari Anda, pastikan untuk benar-benar menutupi noda. Anda tidak perlu menggosoknya: biarkan soda kue bekerja. Jika Anda menggosok terlalu keras, Anda berisiko merusak permukaan kayu. Tunggu 10 hingga 15 menit.

Gambar berjudul Remove Ink Stains from Wood Furniture Step 6

3 Membersihkan.

Gunakan kain lembut yang dibasahi air untuk menghilangkan pasta. Ulangi proses ini sampai tinta benar-benar hilang. Untuk noda yang lebih besar, Anda mungkin perlu mengulanginya lagi. Setelah Anda puas dengan hasilnya, selesaikan dengan menyeka permukaan kering dengan kain lembut lainnya.

Metode 3

Menggunakan Mineral Spirit

1 Uji roh mineral.

Anda dapat menemukan arwah mineral di setiap toko perangkat keras. Ia juga dikenal sebagai pengganti terpentin. Basahi bola kapas secara ringan dengan arwah mineral dan usap pada area furnitur yang tersembunyi. Jika kapas keluar dengan sedikit lapisan di atasnya, jangan lanjutkan lebih jauh.

2 Basahi kain dengan roh mineral.

Gosok bagian yang bernoda sedikit dengan kain. Kemudian, bersihkan dengan lap basah. Jika noda masih ada, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3 Gunakan wol baja super halus (0000).

Gosok bagian yang bernoda menggunakan sepotong wol baja yang dibasahi dengan roh mineral. Lakukan ini dengan ringan dan pastikan Anda menggosok butir kayu. Cobalah untuk menghapus hanya sebanyak yang Anda harus. Semakin sedikit selesai Anda menghapus, semakin mudah untuk mempoles furnitur nanti.

Gambar berjudul Remove Ink Stains from Wood Furniture Step 10

4 Bersihkan permukaan.

Dengan kain segar, bersihkan arwah mineral dan serutan yang dibuat oleh wol baja. Noda seharusnya sudah hilang sekarang. Lanjutkan dengan merapikan kembali potongan jika perlu. Jika tidak, lindungi permukaannya dengan waxing atau memolesnya sesegera mungkin.

Metode 4

Menggunakan Bleach

1 Siapkan permukaan kayu.

Oleskan alkohol terdenaturasi pada kain bersih dan lembut dan lap permukaan dengan kain untuk menghilangkan kotoran dan kotoran lainnya. Jika kayu memiliki lapisan akhir, Anda harus menghapusnya. Anda bisa mengampelasnya, yang membutuhkan banyak pekerjaan, atau Anda dapat menggunakan penari telanjang kimia.

Jika Anda memilih untuk melepas lapisan menggunakan bahan kimia, lakukan pekerjaan di area yang berventilasi baik. Mereka mengandung bahan kimia yang sangat keras, seperti methylene chloride, yang dapat merusak mata, paru-paru, dan kulit Anda.

Lak dan pernis dapat dihilangkan dengan alkohol yang baru didenaturasi.

Gambar berjudul Remove Ink Stains from Wood Furniture Step 12

2 Tentukan jenis pemutih yang digunakan.

Pemutih rumah tangga biasa mengandung klorin, yang berfungsi untuk noda pewarna dan dapat bekerja untuk menghilangkan tinta yang menempel. Pilihan lain adalah pemutih kayu yang mengandung asam oksalat. Asam oksalat sangat bagus untuk noda berbasis besi, yang mencakup beberapa jenis tinta. Namun pilihan lain adalah pemutih kayu dua bagian. Bagian pertama mengandung natrium hidroksida dan bagian kedua memiliki hidrogen peroksida. Yang pertama membuka pori-pori kayu, sedangkan yang kedua bereaksi terhadap yang pertama. Anda dapat menemukan kedua jenis pemutih kayu di toko perangkat keras mana pun.

Seperti halnya bahan kimia keras lainnya, pastikan area kerja Anda mendapat banyak udara. Gunakan sarung tangan untuk melindungi kulit Anda dan memakai topeng untuk melindungi paru-paru Anda.
Saat bekerja dengan pemutih dua bagian, gunakan kain terpisah untuk setiap bagian untuk mencegah kedua bahan kimia tersebut bereaksi satu sama lain.

3 Oleskan pemutih.

Gosokkan ke area yang bernoda dengan kain bersih, hindari dari kayu yang ada di sekitarnya. Diamkan di permukaan selama 10 menit. Ulangi proses ini jika perlu.

4 Membersihkan.

Bersihkan pemutih dengan hati-hati dengan kain yang dibasahi air. Hindari menyentuh kayu di sekitarnya. Tindak lanjuti dengan kain lembab lainnya dan gunakan untuk membersihkan seluruh permukaan. Selanjutnya, keringkan dengan handuk. Tunggu setidaknya 24 jam sebelum memperbaikinya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*